A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: D:\database\xampp1.8.3\htdocs\application\controllers\public\Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: D:\database\xampp1.8.3\htdocs\index.php
Line: 315
Function: require_once

Sosialisasi Sex Education dari dr. Nina ( Alumni Spensa ) | SMP Negeri 1 Malang

SMP Negeri 1 Malang

Jl. Lawu No 12 Malang Email : admin@smpn1-mlg.sch.id

EKA SATYA WIRA NUGRAHA ( EKSAWIGRAHA )

Sosialisasi Sex Education dari dr. Nina ( Alumni Spensa )

Jum'at, 02 Agustus 2019 ~ Oleh Muhamad Yusuf ~ Dilihat 205 Kali

           Sosialisasi Sex Education : Sumber Dokumentasi Spensa

Ada beberapa hal mengenai Pentingnya Pendidikan Seks bagi Remaja, diantaranya yaitu:

• Untuk mengetahui informasi seksual bagi remaja

• Memiliki kesadaran akan pentingnya memahami masalah seksualitas

• Memiliki kesadaran akan fungsi-fungsi seksualnya

• Memahami masalah-masalah seksualitas remaja

• Memahami faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya masalah-masalah seksualitas

Selain itu ada dua faktor mengapa pendidikan seks (sex education) sangat penting bagi remaja. Faktor pertama adalah di mana anak-anak tumbuh menjadi remaja, mereka belum paham dengan sex education, sebab orang tua masih menganggap bahwa membicarakan mengenai seks adahal hal yang tabu. Sehingga dari ketidak fahaman tersebut para remaja merasa tidak bertanggung jawab dengan seks atau kesehatan anatomi reproduksinya.

Faktor kedua, dari ketidakfahaman remaja tentang seks dan kesehatan anatomi reproduksi mereka, di lingkungan sosial masyarakat, hal ini ditawarkan hanya sebatas komoditi, seperti media-media yang menyajikan hal-hal yang bersifat pornografi, antara lain, VCD, majalah, internet, bahkan tayangan televisi pun saat ini sudah mengarah kepada hal yang seperti itu. Dampak dari ketidakfahaman remaja tentang sex education ini, banyak hal-hal negatif terjadi, seperti tingginya hubungan seks di luar nikah, kehamilan yang tidak diinginkan, penularan virus HIV dan sebagainya.

Ada beberapa pendapat yang bilang, ”sex education” memang pantas dimasukkan dalam kurikulum di sekolah menengah, apalagi siswa pada ini adalah masa pubertas. Pendidikan Seks ”Sex education” sangat perlu sekali untuk mengantisipasi, mengetahui atau mencegah kegiatan seks bebas dan mampu menghindari dampak-dampak negatif lainnya.

Mungkin kita baru menyadari betapa pentingnya pendidikan seks karena banyak kasus pergaulan bebas muncul di kalangan remaja dewasa ini. Kalau kita berbicara tentang pergaulan bebas, hal ini sebenarnya sudah muncul dari dulu, hanya saja sekarang ini terlihat semakin parah. Pergaulan bebas remaja ini bisa juga karena dipicu dengan semakin canggihnya kemajuan teknologi, juga sekaligus dari faktor perekonomian global. Namun hanya menyalahkan itu semua juga bukanlah hal yang tepat. Yang terpenting adalah bagaimana kita mampu memberikan pendidikan seks (sex education) kepada generasi muda.

Menyadari pentingnya hal itu dr. Nina yang termasuk alumni Spensa memberikan kepedulianya kepada bekas almamaternya dengan memberikan materi yang bertempat di Aula SMP Negeri 1 Malang pada hari Jum`at 2 Agustus 2019, materi ini khusus di peruntukan bagi Siswi wanita SMP Negeri 1 Malang, karena pembahasannya lebih berfokus pada kesehatan alat reproduksi wanita terutama bagi siswi siswi yang baru merasakan pengalaman Haid dan juga serta memberikan edukasi yang berarti bagi mereka terutama dalam menjaga kebersihan badan mereka.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT