A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: D:\database\xampp1.8.3\htdocs\application\controllers\public\Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: D:\database\xampp1.8.3\htdocs\index.php
Line: 315
Function: require_once

Sosialisasi Aplikasi Pemetaan Mutu Sekolah Tahun 2019 | SMP Negeri 1 Malang

SMP Negeri 1 Malang

Jl. Lawu No 12 Malang Email : admin@smpn1-mlg.sch.id

EKA SATYA WIRA NUGRAHA ( EKSAWIGRAHA )

Sosialisasi Aplikasi Pemetaan Mutu Sekolah Tahun 2019

Kamis, 08 Agustus 2019 ~ Oleh Muhamad Yusuf ~ Dilihat 686 Kali

       

Sosialisasi Aplikasi PMP Online oleh pengawas sekolah SMP Negeri 1 Malang    Siswanto, S. Pd, MT

(Sumber Dokumentasi Spensa Malang)

Aplikasi Pemetaan Mutu Sekolah Tahun 2019 merupakan pengembangan dari aplikasi sebelumnya dengan menambahkan fitur-fitur terbaru yang dapat dikerjakan secara ON-LINE. Aplikasi ini direncanakan untuk dioperasikan mulai awal Agustus 2019 dengan rincian sebagai berikut :

  • Estimasi waktu pengisian kuisioner 4 minggu per sekolah dimulai bulan Agustus s.d Oktober 2019.
  • Responden per sekolah terdiri dari : 1 orang Kepala Sekolah, 10 orang Guru SD (minimal 1 guru per tingkat kelas tinggi), 10 orang Guru SMP (minimal 1 guru matpel pertingkat), 3 orang Peserta Didik (disarankan 15 peserta didik per kelas tinggi) dan Komite Sekolah (minimal 3 orang anggota komite sekolah).
  • Data responden yang digunakan adalah data CUT OFF DAPODIK, sehingga untuk username dan password dilakukan melalui aplikasi DAPODIK sedangkan untuk Komite Sekolah dilakukan secara manual.

Untuk sosialisasi aplikasi ini, responden dapat masuk ke alamat : http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745/login/index.html. Untuk login responden dapat menggunakan Username : smpypp_1@yahoo.com dengan Password : 123456 yang secara default akan masuk sebagai Kepala Sekolah. Pada dasarnya untuk setiap jenis responden hanya dibedakan pada pengisian kuesioner saja, kecuali Kepala Sekolah atau Operator ditambahkan menu Raport Mutu, Verval dan Supervisi untuk melihat hasil validasi oleh Pengawas. Berikut beberapa tampilan yang perlu diperhatikan pada saat responden menggunakan Aplikasi Pemetaan Mutu Sekolah Tahun 2019.

1. Menu Beranda

Gambar 1. Menu Beranda

Nomor 1 : Identitas Pengguna; sebelum responden melakukan pengisian kuisioner , pastikan bahwa nama yang tertera sesuai dengan data responden.

Nomor 2 : Manajemen Pengguna; digunakan untuk mengatur user. Pada icon  di sebelah kanan atas digunakan untuk mefilter pengguna atau menambah user (sebagai komite sekolah).

Gambar 1a. Manajemen Pengguna

Nomor 3 : Tukar Pengguna; menu yang digunakan untuk menukar pengguna pada saat mengisi kuisioner. Pastikan tidak menggunakan menu ini kecuali operator, karena setiap username telah memiliki password masing-masing sesuai data dari DAPODIK.

Gambar 1b. Tukar Pengguna

Nomor 4 : Perangkat Kuesioner; digunakan untuk mengisi kuisioner. (seperti pada gambar 2)

Nomor 5 : Konfirmasi Selesai; dipergunakan untuk melihat progres pengisian kuisioner responden.

Gambar 1c. Konfirmasi Selesai

Nomor 6 : Kemajuan Pengisian Kuesioner PMP; untuk melihat kemajuan pengisian kuesioner secara menyeluruh secara timeline.

Nomor 7 : Kemajuan Pengisian Keseluruhan; untuk melihat kemajuan pengisian kuesioner dalam persentase.

2. Menu Kuesioner

Gambar 2. Menu Kuesioner

Nomor 1 : Hasil Belajar; rincian tema kuesioner.

Nomor 2 : Rincian; berisi rincian rangkuman kuesioner yang telah dilakukan.

Gambar 2a. RIncian Kuesioner

Nomor 2 : Lanjukan; isian kuesioner yang akan diisi responden. Pengisian kuesioner dapat disimpan dan dilanjutkan kembali walaupun belum semua isian dilakukan. (seperti pada gambar 3)

Nomor 3 : Progress Pengisian Anda; untuk melihat progres pengisian yang telah kita lakukan.

3. Menu Isian Kuesioner

  1. Isian Kuesioner; isian yang harus dikerjakan oleh responden.
  2. Simpan; untuk menyimpan hasil kerja kita, fasilitas ini tetap dapat digunakan walaupun responden belum mengisi semua angket yang disajikan. Menu ini sama dengan menu pada Simpan yang terletak di sebelah kanan bawah.
  3. < atau >; digunakan untuk menganti isian kuesioner.

4. Menu Rapor Mutu

Gambar 4a. Sub Menu Hitung Rapor Mutu

Pada bagian ini terdapat tombol Hitung Rapot Mutu Sekolah, bagian ini merupakan rangkuman pengisian kuesioner dari semua responden. Pastikan semua responden SUDAH SELESAI mengisi kuesioner sebelum menekan tombol Hitung Rapor Mutu Sekolah.

Gambar 4b. Proses Menghitung Rapot Mutu

Merupakan bagian untuk melihat Hasil Rapot mutu secara keseluruhan baik dalam format persentase ataupun grafik.

Gambar 4c. Sub Hasil Rapot Mutu

Bagian terakhir pada menu ini digunakan untuk mengkonfirmasi hasil kuesioner dalam bentuk Pakta Integritas. Pastikan kita TELAH MEMERIKSA sub menu Hasil Rapot Mutu sebelum mengkonfirmasi Pakta Integritas ini, karena setelah kita melakukan langkah ini, data sekolah akan langsung secara otomatis terkirim ke server.

Gambar 4d. Sub Menu Pakta Integritas

5. Menu Lain

Gambar 5. Menu Lainnya
  1. Menu Notifikasi; digunakan untuk melihat pemberitahuan tentang isian angket.
  2. Menu Pusat Unduhan; berisi manual dari aplikasi.
  3. Menu Laporan dan Saran; dapat dipergunakan untuk menuliskan Laporan atau Sarantentang aplikasi ini.

6. Keluar Dari Aplikasi

Gambar 6. Keluar Aplikasi

Cara keluar dari aplikasi ini dapat dilakukan melalui Keterangan Profil Responden yang terletak di pojok kanan atas, kemudian pilih Keluar.

Demikian penjelasan singkat dari Aplikasi Pemetaan Mutu Sekolah Tahun 2019, semoga menjadi manfaat… amien.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT